- 1. PERILAKU DAN KOMUNIKASI
Perilaku
Perilaku manusia adalah aktivitas yang timbul karena adanya stimulus dan
respons serta dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung.
Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan.
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi dari seseorang ke orang lain.
Komunikasi adalah alat untuk mempersatukan informasi yang didapat sehingga dapat mudah dimengerti apa yang dimaksudkan.
Kunci – Kunci Perubahan Perilaku
Perubahan perilaku individu selalu melalui proses belajar atau dikenal dengan istilah pembelajaran.
Tiga cara belajar yang sangat dominan dilakukan melalui Visualisasi/Imajinasi, Auditori, Kinestetik (VAK) dan lazimnya diawali dengan berpikir
- Pribadi
- Keluarga
- Lingkungan Sosisal dan Dinamika Perubahan
- 2. MOTIVASI
Motivasi merupakan suatu keinginan kuat dalam diri seseorang yang mendorong untuk melakukan sesuatu dengan mengerahkan kemampuan terbaiknya, guna menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan cara dan hasil terbaik.
Salah satu contoh dari Robbins (2007) yang menyatakan “Mengapa individu-individu lebih termotivasi pada tujuan yang sulit ???”
Terhadap sejumlah besar penghargaan yang memperkuat secara positif yang dapat digunakan sehari-hari, bebas dari rencana insentif perusahaan. Daftar tersebut antara lain (Dessler, 2009)
- Penugasan kerja yang menantang
2. Kebebasan untuk memiliki kegiatan sendiri
3. Kegembiraan menjadi bagian dari pekerjaan
4. Lebih banyak pilihan tugas
5. Berperan sebagai bos bagi diri sendiri ketika tugas luar
6. Berperan dalam presentasi pada manajemen puncak
7. Rotasi pekerjaan
8. Mendorong pembelajaran dan perbaikan terus-menerus
9. Diberi cukup dukungan
10. Diijinkan untuk menetapkan tujuan sendiri
11. Dihargai
12. Mengekpresikan penghargaan di depan orang lain
13. Nota ucapan terimakasih
14. Penghargaan sebagai karyawan terbaik bulan ini
15. Penghargaan khusus secara resmi
16. Meja kantor yang lebih besar
17. Kantor atau ruangan yang lebih besar
- 3. MENGENDALIKAN FUNGSI MANAGEMENT
1. Definisi Controlling
Controlling atau pengawasan adalah fungsi manajemen dimana peran dari personal yang sudah memiliki tugas, wewenang dan menjalankan pelaksanaannya perlu dilakukan pengawasan agar supaya berjalan sesuai dengan tujuan, visi dan misi perusahaan. Di dalam manajemen perusahaan yang modern fungsi control ini biasanya dilakukan oleh divisi audit internal.
2. Langkah-langkah dalam kontrol
Proses Pengendalian Manajemen :
1. Perencanaan Strategi
2. Penyusunan Anggaran
3. Pelaksanaan Anggaran
4. Evaluasi Kinerja
Pengendalian Tugas proses untuk memastikan bahwa tugas yang spesifik dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Langkah – langkah penting pada proses pengendalian dapat digolongkan 8 elemen, yaitu :
• mengidentifikasikan tujuan dan strategi
• Penyusunan program
• Penyusunan anggaran
• Kegiatan dan pengumpulan realisasi prestasi
• pengukuran prestasi
• analisis dan pelaporan
• tindakan koreksi
3. Tipe-Tipe Kontrol
Berdasarkan bagian yang akan diawasi pengawasan dibedakan atas :
1. Pengendalian karyawan (Personal control).
2.pengendalian keuangan (financial control)
3.pengendalian produksi (Production Control).
4. Pengendalian waktu (Time control)
5. pengendalian teknis (Technical control).
6. Pengendalian kebijaksanaan (Policy control).
7. pengendalian penjualan (Sales control).
8.Pengendalian inventaris (inventory control)
9.Pengendalian pemeliharaan (maintenance control)
4. Kontrol Proses Manajemen
Langkah-langkah proses pengendalian :
1. Menentukan standar-standar yang akan digunakan sebagai dasar pengendalian.
2. Mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai.
3. Membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standard an menentukan penyimpangan jika ada.
4. Melakukan tindakan perbaikan, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.
Rencana juga perlu dinilai ulang dan dianalisis kembali,apakah sudah benar-benar realistis atau tidak.jika belum benar atau realistis maka rencana itu harus diperbaiki.
Sumber :
Normal
0
false
false
false
IN
X-NONE
X-NONE
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-language:EN-US;}
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31494/4/Chapter%20II.pdf
Normal
0
false
false
false
IN
X-NONE
X-NONE
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-language:EN-US;}
http://the-friendkerz.blogspot.com/2013/04/10-definisi-perilaku-menurut-para-ahli.html
http://nevizond.blogspot.com/2007/12/penyucian-jiwa-kunci-kadar-perubahan.html
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2007/12/komunikasi-arti-fungsi-dan-bentuk.html
http://kgiaji.wordpress.com/tag/komunikasi-mempunyai-dimensi-isi-dan-dimensi-hubungan/
http://www.indonesian-publichealth.com/2012/02/pengertian-5-m-dalam-manajemen.html
http://cynthiakjh.blogspot.com/2013/11/mengendalikan-fungsi-manajemen.html